Total Pageviews

Sunday, September 11, 2011

First Grade

By Mr.Danar Kusuma

1.Greeting (Salam pertemuan):
a.Good morning artinya selamat pagi.
b.Good afternoon artinya selamat siang.
c.Good evening artinya selamat sore.
d.Good night artinya selamat malam.
e.Hi artinya hai..
f.Hello artinya halo.
g.How are you? artinya Bagaimana kabarmu?
h.How do you do? artinya Apa kabar?

Example (Contoh) :
I meet Rina in the afternoon. I say good afternoon to her.

Vocabulary (kosa kata) = I (saya); meet (bertemu); in (di) ; afternoon (siang hari).
= I (saya); say (berkata); good afternoon (selamat siang); to (kepada) her (dia).
Catatan:
Jika ada yang bertanya : How are you? (Bagaimana kabarmu?)
Maka kita menjawab : I am fine. (saya baik-baik saja)

2.Parting (Salam Perpisahan):
a.Good bye artinya selamat tinggal
b.Bye-bye artinya selamat tinggal
c.See you artinya sampai jumpa
d.See you later artinya sampai jumpa besok.
e.Good night artinya selamat tidur.

Contoh :
Agung wants to go home. He says good bye to Rina.
Vocabulary (kosa kata) = wants (ingin); go; (pergi); home (rumah).

3.Personal Identity (identitas diri)
a.Personal identity
My name is… (Nama saya adalah….)
I am from…. (Saya berasal dari…...)
I live in….. (Saya tinggal di……..)
I am …..years old. (Saya berumur...tahun) atau (Umur saya adalah…)
I am a student (Saya adalah seorang siswa)
I like …. (Saya suka….)
I study at… (Saya sekolah/belajar di….)

Contoh:
My name is Arfa. (Nama saya adalah Arfa)
I am from Yogyakarta. (Saya berasal dari Yogyakarta)
I live in Tahunan. (Saya tinggal di Tahunan)
I am six years old. (Saya berumur 6 tahun) atau (Umur saya adalah 6 tahun)
I am a student.
I like reading. (Saya suka membaca)
I study at SD N Tahunan (Saya sekolah/belajar di SD N Tahunan)
b.Cara bertanya dan menjawab.
Cara menanyakan nama : What is your name? (Siapa namamu?)
Cara menjawab : My name is…. (Nama saya adalah…)


Cara menanyakan tempat tinggal :Where do you live? (Dimana kamu tinggal?)
Cara menjawab : I live in…. ( Saya tinggal di…)

Cara menanyakan umur : How old are you? (Berapa umurmu?)
Cara menjawab : I am … years old. (Saya berumur…)

4.Colours (Warna-warna)
a.Macam-macam warna
Yellow = kuning
Orange = Oranye
Blue = Biru
Black = Hitam
Brown = Coklat
Grey = Abu-abu
Green = hijau
Red = Merah
White = Putih
Pink = merah muda
Purple = Ungu

b.Cara menanyakan warna sebuah benda
A: What colour is it?
B: It is red.

A:What colour is the book?
B:The book is white

A: What Colour is that pen?
B: That pen is black.

A: What colour is this apple? (Apa warna apel ini?)
B: This apple is green (Apel ini warnanya hijau)

c.Cara menyatakan warna suatu benda.
It is a pen (Ini adalah sebuah pulpen)
The pen is blue (Pulpen ini warnanya biru)
It is a blue pen(Ini adalah pulpen berwarna biru)

No comments:

Post a Comment